Yayasan Abdi Karya (Yadika) didirikan oleh dua orang tokoh masyarakat yakni Dr. Sutan Raja D.L. Sitorus dan Ny. L. Siagian, BSc, pada tanggal 14 Februari 1976. adapun maksud dan tujuan didirikannya YADIKA adalah untuk mencerdasakan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum dalam rangka ikut serta mewujudkan masyarakat indonesia yang adil dan makmur baik spiritual maupun material berdasarkan Pancasila dan UUD'45.

Sekolah Yadika adalah sekolah yang bercirikan Nasional yang menampung semua suku, golongan maupun agama yang ada di Indonesia untuk di didik menjadi manusia yang cerdas, trampi, berbudi luhur sesuai dengan visi dan misi sekolah-sekolah yadika.

Untuk mencapai tujuan itu secara bertahap dan berkelanjutan telah didirikan beberapa sekolah, kampus dan Rumah Sakit mulai dari taman kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi pada beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Cirebon, Lampung, Batu Raja, Lubuk Linggau, Jambi, Limo Depok, dan Kali Jati Subang.

SMA Yadika 5 Jakarta salah satu sekolah di bawah naungan Yadika yang berdiri tahun 1993 yang berlokasi di Jalan Joglo Raya No.190 Kembangan Jakarta Barat mempunyai fasilitas gedung yang representative dengan laboratorium IPA (Fisika, Kimia, dan Biologi), Laboratorium Bahasa Inggris, Laboratorium Komputer - Internet, Ruang Perpustakaan, Multimedia, dan Sarana Olahraga.

SMA Yadika 5 membuka dua Jurusan yaitu IPA dan IPS. Kepala Sekolah saat ini Drs. Daniel Manurung adalah Kepala Sekolah yang ke empat.

Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMA Yadika 5 yaitu :

  1. Tahun 1993 s.d 1994 : Drs. P.R. Siburian
  2. Tahun 1994 s.d 1998 : Drs. Marlon Silalahi
  3. Tahun 1998 s.d 2007 : Dra. Handayuningsih
  4. Tahun 2007 s.d sekarang : Drs. Daniel Manurung